Dunia Sepi Itu Bernama Wirausaha

Dari orang kantoran, lalu hijrah jadi pedagang, pastilah banyak perbedaan.
Yang paling berasa itu sepi, karena biasa kerja yang berhubungan dengan banyak orang. Di Tanah Abang interaksi saya hanya dengan suami dan karyawan. Kami cuma punya satu teman seumuran sesama pedagang yang kadang bertandang kalau lagi galau dan pengen curhat. Selebihnya ya itu…. sepi. Di Tanah Abang sesama pedagang ngga terlalu dekat. Masing masing fokus sama bisnisnya, bahkan banyak juga yang pengelolaan tokonya diserahkan penuh ke karyawan.

Ngga heran, kalo lagi makan di luar, dan meja kita berdekatan sama karyawan yang lagi ngumpul, saya suka nguping pembicaraan mereka hihihi. Lumayan ngobatin kerinduan akan gosip dan obrolan kantor sama temen temen.

Yang bisa dijadiin penghibur hati sekarang adalah, bahwa saya bisa lepas dari yang namanya orang orang jahat di kantor, yang hobi menjatuhkan dan cari muka. Btw, saya sering banget nemu tipe orang seperti itu, dan ngga habis pikir kenapa mereka bisa setega itu untuk hal hal yang sifatnya ngga abadi. Toh mereka juga statusnya masih sama sama karyawan -bagian kecil dari mesin- yang begitu pensiun juga cepet dilupakan sama perusahaan.

Tapi soal konflik & intrik, sebetulnya di Tanah Abang pun juga ada. Entah itu karena persaingan dagang, jiplak menjiplak model baju, sampe tipu menipu. Tapi wirausaha punya privilege yang ngga dimiliki oleh pekerja kantoran, yaitu bisa memilih dengan siapa dia berinteraksi. Saya pun lebih baik tidak menjual daripada harus makan ati saat berhubungan dengan pembeli atau supplier.

Tentu saja wirausaha ada plus minusnya. Waktu pasar lagi sepi saya teringat masa sebagai karyawan yang penghasilannya sudah pasti. Tapi yang jelas, saya amat bersyukur sekarang bisa menjalani hidup sebagai pedagang, because the freedom pays it off.

Leave a Reply

