Profesi di Tanah Abang

Mau ngomongin profesi yang ada di Tanah Abang ah..
Hari ini saya mau ngomongin soal jenis pekerjaan di Tanah Abang selain karyawan dan pedagang. Semua profesi ini sistem kerjanya relatif sama, yaitu keliling pasar dan menawarkan dari kios ke kios. Kalo calo properti sih udah biasa lah yaa, bahkan pengelola juga ada bagian Marketingnya sendiri untuk sewa dan jual kios.
Sesama pemilik kios juga biasanya dapet komisi 2,5% kalo bisa mempertemukan pemilik dengan pembeli atau penyewa kios.

Berhubung di Blok A pedagang makanan dilarang jualan keliling, maka muncullah yang dinamakan Calo Makanan. Jadi orang ini akan berkeliling untuk menawarkan/ menerima pesanan dari pembeli di pasar untuk makanan yang dijual di sekitar Tanah Abang. Bisa berupa nasi padang, soto, indomie, bihun/mie goreng, jus bahkan teh tahlua.
Dari setiap pesanan, rata rata mereka hanya mengambil komisi sebesar 2000 perak dari harga makanan.

Ada lagi calo barang dagangan, atau yang disebut Kantau. Kantau ini adalah pembeli barang dagangan yang dijual murah ke pedagang kecil atau kaki lima. Barang murah ini bisa karena berbagai macam alasan, bisa karena pemilik menutup usahanya, atau barang lama yang sudah tidak laku lagi.
Biasanya dijual sekaligus karungan dan tawar menawar lah antara pemilik dengan Kantau.

Tapi ngga semua pedagang kecil atau kaki lima menjual barang sisa loh ya. Banyak juga dari mereka yang komoditinya dari Metro Pasar Grosir. Sekedar info, di Metro ini berjualannya harus minimal 6pcs seri ( tidak bisa pilih warna & ukuran). Jadi memang benar benar sasarannya diperuntukan untuk sesama pedagang. Jadilah penjual kaki lima menyasar pembeli yang untuk pakai sendiri, dan pastinya susah kalau harus beli sekaligus banyak.

Terakhir ada yang namanya Sales Bahan, yang kebanyakan orang India. Mereka ini akan menawarkan bahan untuk pemilik yang punya konveksi sendiri.

Nah sekian informasi buat pembaca, yang mungkin kalau dari sisi pengunjung belum banyak yang tahu akan keberadaan mereka 😃.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s