Kostum Kerja

“Ni, kok pake sendalnya teplek sih? Biasanya bos pake sendalnya tinggi tinggi”

“Ni, kok Uda selalu pake kaos sih? Bos lain selalu rapi…”

Yup, itulah pertanyaan yang datang dari Karyawan saya, Lala. Ngga heran juga sih kenapa dia nanya gitu, mengingat hampir sebagian pemilik kios berusaha untuk tampil berbeda dari karyawannya.

Saya perhatikan, untuk pria. Hanya 1 banding 10 yang sehari hari memakai kaos. Yang lain pasti berkemeja rapi tangan panjang/pendek. Bahkan banyak juga yang bawahannya memakai celana panjang bahan. Ada juga sih yang pakaiannya santai, seperti anak muda pemilik kios Fashion di sebelah. Setiap hari hanya memakai celana pendek dan kaos. Ada juga yang selang seling antara kaos dan kemeja, dengan bawahan celana jeans. Tapi yang berpakaian santai seperti itu nyaris bisa dihitung dengan jari.

Menurut suami, ada sih masa masa dimana dia berpakaian rapi seperti itu. Dulu waktu awal awal berdagang di Tanah Abang. Tapi lama kelamaan ya senyamannya aja deh..

Nah untuk pemilik kios wanita jangan ditanya. Hampir semuanya tampil rapi dengan polesan make up dan kostum yang bisa saya kategorikan ‘baju pergi’.
Sementara saya? Yah berhubung mantan pekerja kantoran yang wajib tampil rapi, sekarang saya justru dalam masa euphoria bisa pakai baju santai setiap hari. Jadilah tampil no make up (lipstik kalo inget aja), kaos, legging atau skinny pants andalan saya sehari hari. Apalagi namanya juga di pasar seharian yang udaranya panas. Bahkan, kadang karyawan kami lebih rapi kostumnya.

Baju yang agak formil hanya saya kenakan kalo sesudah kerja kami ada acara, atau bertemu Customer. Iyes! Kalau suami sih cuek aja kaosan ketemu Customer, tapi saya berusaha tampil lebih representatif dikit lah. Namanya juga bisnis, kemasan dan penampilan berpengaruh juga pastinya.

image
Salah satu kostum kerja andalan. Channeling my inner Ria Miranda hihi

Tapi, sejujurnya betapa saya sangat mensyukuri kebebasan dalam memilih kostum kerja kami sehari hari, yang ngga semua orang bisa merasakan. Alhamdulillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s