Si Mak yang Ngelunjak

Jadi gini….

Di Tanah Abang ada penjual Pempek asli Palembang (dia buat sendiri & memang orang Palembang). Sering kita panggil Mak karena beliau sudah sangat tua, tapi masih mampu bulak balik Cipulir -Tanah Abang buat dagang Pempek. Mungkin karena si Mak ini rajin olahraga silat di masa mudanya.

Biarpun pempeknya enak, saya sering kali beli cuma karena sekedar kasihan. Bahkan setua itu juga tetap di razia satpam kalau apes. Pernah dia cerita, waktu seorang satpam ‘pesan’ sejumlah pempek untuk istri dan anak anaknya, si Mak ini menaburkan obat Cina yang efeknya bikin mules & BAB. Akibatnya si Satpam kapok, dan bilang kalo keluarganya ngga cocok sama Pempek bikinan Mak 😂. Ya iyalah kasih makanan ke anak istri kok dari hasil malak!

Nah, kemarin si Mak ini datang ke toko untuk menawarkan Pempeknya. Tapi karena pempek yang terakhir saya beli 2 hari lalu masih teronggok manis di kulkas, dengan berat hati saya tolak.
Si Mak lalu duduk dan lihat lihat baju dagangan saya. Sambil tanya rok ini cocoknya dipasangkan baju apa? Karyawan saya, Lala yang menjawab kalau blus brokat ini juga cocok.
Singkat kata si Mak tertarik sama Blus Brokat yang dipajang di patung depan. Dia bilang mau dicicil 10rb sehari, dan akan diambil nanti sore.
Begitu si Mak pergi, Lala memberi tahu saya kalau itu sebetulnya hanya modus biar Mak dapet ‘THR’ lebaran dalam bentuk baju. Sebab di toko tempat Lala kerja sebelumnya pun si Mak seperti itu juga, pura pura naksir baju dan berharap dikasih gratis sama empunya toko.
Ealah…saya pun langsung ilfil dengernya. Bener bener ya manusia itu tempatnya ngelunjak. Saya bahkan sering berbagi makanan kalau dia datang, bahkan biar Mak ngga capek balik ke toko, saya selalu langsung bayar kalo beli pempek. Ngga seperti yang lain, pagi ambil sore baru ditagih.

Akhirnya saya bertekad untuk ngga sering sering beli pempek lagi sama Mak. Habis situ ngelunjak sih…BYE!

Eits, puasa ngga boleh kesel kesel.
Senyum dulu dikit 😉

image

Advertisements

2 thoughts on “Si Mak yang Ngelunjak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s