Budaya (Jelek) di Tanah Abang

Masih seputar perdagangan di Tanah Abang. Kali ini saya ingin berbicara dari segi persaingan sesama pedagang.

Hm..menurut pandangan kacamata Dior (kw) saya, orang Tanah Abang rasa kebersamaannya kurang ya. Mereka cenderung mikirin dirinya sendiri. Yang lagi naik usahanya naik, yang turun turun. 

Khususnya di Tanah Abang Blok A sik, soalnya di PGMTA alias Metro, pedagang disana lebih kompak dan hanya mau menjual secara grosir. Dulunya sih Blok A seperti itu, tapi lama kelamaan banyak pedagang yang merelakan barangnya dibeli partai eceran. Sehingga mau ngga mau semua pedagang pun akhirnya menjual barang secara grosir & ecer.

Di masa sulit seperti ini pun orang hanya sibuk dengan masalahnya masing masing. Jangankan sodara ipar sendiri, bahkan kawan kami sesama pedagang pun susah sekali diminta untuk menitip jual barang dagangannya di toko kami. Padahal dia udah kenal lama, tiap hari datang ke toko, tahu gimana posisi toko kami yang strategis, bahkan sudah akrab sama karyawan saya.

Malahan ada juga yang ambil kesempatan dari kondisi sempit kami. Mengetahui kami sempet tutup selama sebulan lebih, toko sebelah menawarkan untuk menyewa kios kami. Tapi dengan harga di bawah pasaran, walaupun dia berani ambil sampai 4 tahun kedepan. Mungkin dipikir kami bangkrut & BU ya 😂.

Anyway, ngga semua seperti itu sih. Salah satu sepupu suami yang juga orang tanah abang malah kini jadi teman sesama supir taksi online. Dulu si sepupu mengajak suami untuk cari tambahan di taksi online, dan begitu tahu suami udah terjun, mereka sering kasih info dan nongkrong bareng kalo lagi break. Waktu awal suami berjualan pun, dia dipinjamkan barang dagangan oleh salah satu kerabatnya. 

Padahal, kalau sesama pedagang bersatu & bahu membahu. Mungkin dampak lesunya perekonomian tidak separah ini. Yah mungkin mereka sadar banget, bahwa yang namanya usaha ada naik turun. Jadi mungkin yang lagi naik menikmati, dan yang lagi turun merasa inilah masa yang harus dilewati. Eh gitu ngga sih?

Advertisements

Senasib

Mau cerita dikit aja…

Jadi, kemarin kita datang pagi janjian sama Lala untuk belanja barang dagangan. Menurut suami, minggu depan setelah pilkada usai, kemungkinan pasar bakal ramai. Karena sudah menjelang puasa dan Jakarta (Insya Allah) sudah bebas dari demo.

Saat kita hendak naik lift, suami ketemu temannya sesama pedagang di Tanah Abang. Dia langsung cerita, bahwa setelah 9 tahun menempati kios yang sama, akhirnya harus kalah karena keadaan. Sebelumnya, dia sudah berusaha memperkecil kiosnya. Dari 2 pintu jadi 1 pintu, namun ternyata pasar masih sepi dan ngga nutup juga. Maka di tahun ke 9 ini lah dia memutuskan untuk keluar dari Tanah Abang dan pindah ke lokasi yang lebih murah dan menjanjikan.

Sedih euy dengernya 😭

Kondangan ke Banjarnegara

Wiken kemarin akhirnya kita menghadiri acara Pernikahan Lala di Banjarnegara. 

Sebetulnya sih, dari awal ngga kepikiran datang karena lokasinya yang jauh. Tapi nih anak ngarep banget kita hadir, ditambah ajaran mertua waktu masih aktif dagang dulu juga selalu berusaha tahu rumah karyawan biarpun ke pelosok daerah. Jadilah kita pergi juga, dan sekalian kasih hadiah jalan jalan buat orangtua saya yang bulan ini merayakan ulangtahun pernikahan.

Selamat menempuh hidup baru ya La. Semoga cepet dapet momongan dan berkah rejeki melimpah setelah nikah.

Ps: Ojok resign dulu yaaaa. Aku kan masih mau jalan2 😜

Tulisan Awal Tahun

Judulnya berat ngga sik? Padahal isinya mah receh as usual 😅.

Yang pasti awal tahun ini dibuka dengan toko kami yang belum juga buka sampai sekarang. Mudah mudahan bacanya ngga pusing yaaa?

Jadi si Lala karyawan kami akhir bulan ini menikah. Dan walaupun kami keberatan, Lala mantap untuk ambil cuti sebulan. Dimulai pas dari 1 Jan kemarin.

Sepertinya sudah tradisi karyawan di Tanah Abang yang akan menikah, untuk ambil cuti selama sebulan. Sebab karyawan sederetan toko saya pun seperti itu.

Nah, berhubung pengganti karyawan pun tidak ada. Dan penjahit saya pulang kampung, akhirnya toko pun terabaikan.

Mau gimana lagi, secara hitung hitungan kita rugi kalau pilih buka toko. Suami lebih baik menjemput rejeki lewat taksi online ketimbang harus menemani saya di pasar yang masih sepi seperti ini.

Yah harapan saya di tahun yang baru ini; semoga dunia usaha pada umumnya dan pasar tanah abang pada khususnya, akan semarak kembali. Perekonomian semakin kuat, pemerintahan stabil serta bersih, dan konflik receh sesama rakyat bisa dihilangkan.

Aamiin YRA

Semangat!

Long Weekend = Keje*

*Keje = Kerja (Bahasa Malaysia)

Halo! Lagi pada liburan kemana nih? Di MedSos saya pantengin banyak yg lagi ke Aussie nonton Coldplay. Sementara saya mah da apa atuh cari duit aja duluuu…

Ya, berhubung karyawan saya bulan depan nikah, seminggu ini dia cuti untuk acara lamaran. Sempet kita minta dia cari pengganti sementara (bulan depan dia minta libur lagi sebulan), karena Suami pengen tetep bisa narik taksol (taksi online) sementara saya jaga toko.

Pengganti yang udah disiapin Lala batal, karena dia udah keburu dapet kerjaan. Alhamdulillah pas ada penjahit saya yang berhenti kerja di kampung dan bersedia nemenin saya jaga toko.

Dan ini lah saya, libur panjang malah kerja. Plus bonus bisa menyantap Ketupat Sayur Padang kesukaan saya.

Katupek Gulai Paku. Ngga pernah nemu Pakis di pasar, sementara tiap hari pedagang Ketupat Sayur Padang pasti ada menu gulai pakis

Jadi jadwal kami selama karyawan libur adalah, pagi suami anter saya dulu ke tanah abang. Begitu udah make sure penjahit datang, baru suami lanjut cari orderan taksol. 

Pulangnya, biasanya saya akan tunggu suami sambil nyalon atau di Cafe langganan kita deket rumah mertua. Biasanya saya duduk sambil ngemil cantik & browsing2. Begitu malem suami dateng, baru kita cari makan berat.

Pesenan sementara nungguin suami

Nah, kemarin itu karena saya ngga enak badan & ngerasa kurang tidur. Saya minta dianter pulang dulu ke rumah, niat suami sih begitu drop saya di rumah, dia akan lanjut lagi nyupir. Tapi karena saya merasa suami juga kelelahan, akhirnya saya tawarin untuk istirahat dulu. Dan berakhir dengan kita berdua bablas tidur sampe jam 11 malem. Dan terbangun karena lapar, karena belum sempat makan malam.
Nah, kemungkinan sih hari ini saya bakal nungguin Suami lagi sampe malem. Tapi sepertinya bakal pindah tempat, karena kemaren agak ngga enak kelamaan nunggu & sendiri pula.

Yah, biarpun sebenernya lelah, ngantuk & lebih suka istirahat di rumah. Apalagi saya udah ngga sempet lagi masak, belanja sayur, apalagi beres2. Anyhow, saya anggap ini selingan dari rutinitas saya yang sehari2 lebih banyak di rumah.

Semangat!

Suamiku Pengemudi Taksi Online

Oot dikit dari tema blog boleh yaaa…

Oke, sekarang saya mau sharing soal supir taksi online, yang saat ini dijalani oleh suami. Kenapa saya sebut taksi online (taksol), karena saat ini rata rata supir taksol punya minimal 2 aplikasi.

Jadi suami awalnya daftar untuk jadi pengemudi Uber, itu karena diajak teman SMPnya yang udah duluan narik. Dan teman suami itu seorang pengacara yang berkantor di daerah Tulodong, Jakarta Selatan. Setelah uji coba sebulan, suami ngerasa kalo Uber terlalu besar potongan biayanya. Meskipun kami suka sistem pembayarannya yang seminggu sekali langsung ditransfer secara otomatis ke rekening. 

Akhirnya karena banyak sharing dengan teman Clubnya yang juga supir taksol, suami baru aja daftar di aplikasi Go Car. Di Go Car ini sih masih baru beberapa hari jalanin. Tapi so far suami lebih puas karena tidak ada potongan, pembayaran bisa ditarik sewaktu waktu (ini menolong banget karena pengemudi butuh modal untuk bensin), tarif yang lebih mahal dari Uber, serta kejelasan rute & tarif saat penumpang melakukan panggilan. Di Go Car juga tidak ada keharusan kita harus menerima semua panggilan. Sehingga supir bisa menentukan sendiri pendapatan yang didapat. Pendeknya, menurut suami Go Car tidak se-ngoyo Uber lah.

Pengemudi taksol juga kompak lho, mereka punya beberapa titik ngumpul buat istirahat, buang hajat, ngopi sambil ngobrol. Pas lagi ngumpul2 juga ngga jarang mereka saling kasih order buat yang membutuhkan. Entah karena jalurnya searah atau jaraknya sesuai dengan keinginan.

Bahkan mereka juga punya grup WA yang anggotanya lintas aplikasi. Grup yang aktif tersebut biasanya diisi info titik mana yang lagi ramai/sepi order, situasi jalan, sampai kejadian yang dialami. Sering malah mereka kirim screenshot bukti perjalanan mereka berikut fee nya yang tinggi. Hal itu buat memotivasi rekan lain sesama pengemudi. Tak jarang juga mereka saling kasih nasihat, seperti jangan sampai kerja diforsir jadi lupa keluarga atau tips mengatasi kriminalitas.

Apapun, tetap aja sih sebagai istri saya berharap suami ngga usah lama jadi supir taksol. Sebab selain jam kerja nya yang panjang (suami mulai di waktu subuh saat hari nomer genap & pulang dini hari di hari nomer ganjil), sekarang mulai banyak kriminalitas menimpa supir taksol. 

Apalagi suami selama kerja taksol seharian itu nyaris ngga pernah makan berat. Jika istirahat dia hanya minum kopi. Makanya sering saya bekalin kudapan buat ganjel perut.

Terakhir, saya cuma bisa berharap, ekonomi global & lokal membaik. Pasar tanah abang mulai bergairah, sehingga suami bisa cepat kembali ke titahnya 😜.

Apa Kabar Tanah Abang Hari Ini?

Hari ini Jumat 4 Nov 2016. Hari yang sudah jauh2 hari kita tahu bahwa akan ada demo besar2an dari Umat Muslim di Jakarta.

Malam sebelumnya, Lala karyawan saya udah kasih info bahwa besok gedung tutup. Ya berhubung saya memang sudah jarang ke toko, saya persilahkan Lala untuk libur. Sekalian kasih pesan buat hati hati karena saya tahu dia akan ikutan demo.

Tapi paginya, suami bersikeras kalau Tanah Abang tetap buka. Kebetulan suami kemarin sempat ngunjungin toko di sela2 dia narik Uber. Akhirnya biar jelas, saya suruh dia telp ke iparnya yang juga orang Tanah Abang. Dan ternyata memang buka, tapi menurut si kakak ipar, etnis tertentu memang banyak yang meliburkan diri.

Ditelponlah si Lala untuk tetap buka toko. Lala pun nurut, dan suami langsung berangkat kerja. Tapi sekitar jam 9 ada BBM masuk dari Lala. Jadi dia kirim foto situasi di Tanah Abang yang sepi dan toko sekitarnya tutup. Langsung saya hubungin suami, dan suami bilang dia yang akan contact Lala buat mutusin gimananya. 

Tapi ya secara sorenya saya lihat gambar situasi di sekitar Bundaran HI, wajar memang kalau banyak yang memutuskan untuk tutup toko. Bahkan teman saya yang hari ini ke Tanah Abang cuma bisa balik badan begitu lihat Pasar sepi.

Apapun saya bersyukur, demo hari ini beelangsung damai & tertib. Semoga ke depan bangsa ini aman dari segala peristiwa yang berdampak pada perekonomian orang banyak. Aamiin